Venezuela: Lingkaran Bolivarian, Pendorong dan Pelindung Revolusi

Venezuela: Lingkaran Bolivarian, Pendorong dan Pelindung Revolusi
Hugo Chavez

Pada Desember, 1998, Hugo Chavez terpilih menjadi Presiden Venezuela dengan 56 persen perolehan suara. Empat bulan kemudian, 88 persen pemilih Venezuela menyetujui referendum dibentuknya Dewan Konstituante yang akan menulis kembali konstitusi Venezuela. Desember, 1999, 71 persen pemilih meratifikasi konstitusi baru, Republik Kelima. Pada bulan Juli, 2000, Chavez dipilih kembali untuk jangka waktu enam tahun ke depan dengan 60 persen perolehan suara.

Pada 11 April, 2002, upaya untuk menggulingkan proses demokrasi tersebut dipimpin oleh Pedro Carmona, Presiden Fedecamaras (Federasi Kamar Dagang), yang mendapat dukungan dari 20 persen golongan ekonomi kelas atas Venezuela dan pemerintahan Bush.

Pedro Carmona dengan segera membatalkan konstitusi tersebut, mengeluarkan perintah penangkapan bagi anggota-anggota Majelis Nasional, hakim-hakim Mahkamah Agung, dan para Gubernur serta Walikota di seluruh negeri. Dua hari kemudian, kudeta April tersebut gagal karena para Chavista (para pendukung Chavez) turun ke jalan dan para perwira militer yang masih setia pada Chavez mengembalikan kekuasaan pemerintah yang telah dipilih rakyat tersebut.

***

Lingkaran Bolivarian mulai muncul pada tahun 2000 sebagai kelompok komunitas yang mempelajari Konstitusi dan sejarah Venezuela, serta bekerja bagi proyek-proyek perbaikan komunitas di tingkat yang paling bawah. Kemudian, kelompok-kelompok rumah tangga mulai menangani isu-isu yang lebih luas seperti kesehatan dan pendidikan. Akhirnya, kelompok-kelompok tersebut mengungkapkan keinginannya untuk berpartisipasi langsung dalam pengambilan keputusan yang berpengaruh bagi komunitas mereka. Pada 2001, Presiden Chavez menanggapinya dengan menyerukan penbentukan Lingkaran Bolivarian (LB) sebagai suatu mekanisme partisipasi sehingga banyak kelompok komunitas yang ada sebelumnya bertransformasi secara formal menjadi Lingkaran Bolivarian.

Saat ini, terdapat 2,2 juta rakyat yang terdaftar sebagai anggota Lingkaran Bolivarian. Setiap lingkaran terdiri dari 7-10 individu yang menikmati status yang setara. Fungsi langsung yang dimiliki setiap lingkaran adalah keterlibatan komunitas sesuai dengan kebutuhan yang sesuai dengan kekhususan tempat tinggal mereka. Partisipasi tersebut bisa berwujud dalam beragam bentuk seperti perbaikan infrastruktur lingkungan, mempromosikan acara-acara kebudayaan, atau berpartisipasi dalam program-program nasional.

Lingkaran baru saja telah membuat struktur organisasi mereka ke tingkatan yang lebih kompleks sebagai tambahan dari yang telah ada sebelumnya, yang berarakter lokal. Sekarang CB mengorganisir diri ke dalam Rumah Bolivarian (Casas Bolivarianas). Struktur baru ini berusaha untuk menyatukan upaya Lingkaran Bolivarian, bersama dengan berbagai asosiasi masyarakat sipil lainnya, dalam rangka untuk mengatasi isu-isu kompleks regional, nasional atau bahkan internasional dalam karakternya. Gedung (Casas) pertama dibuka di “Parroquia 23 de Enero” (di kota 23 Januari). Dalam dua tahun mendatang 1078 gedung akan dibuka: kira-kira satu gedung per kota.

Literatur Lingkaran Bolivarian menggambarkan Rumah Bolivarian sebagai “ruang komunitas” untuk bertemu, bertukar informasi, artikulasi, bersatu dan menjadi benteng organisasi, gerakan, dan institusi terkait dengan membangun dan mengkonsolidasikan kekuasaan rakyat serta berorientasi pada pertahanan, konstruksi, dan pengembangan proyek yang diusulkan oleh negara dan masyarakat baru sebagaimana yang dijelaskan dalam Konstitusi.

Asosiasi sipil yang berpartisipasi akan mengorganisir diri ke dalam sepuluh bidang kegiatan sesuai dengan kepentingan dan kemampuan mereka: perencanaan dan pengembangan, pendidikan, ekonomi sosial dan pekerjaan produktif, budaya, dan komunikasi, keamanan pangan, kesehatan dan lingkungan, keamanan dan pelayanan sosial, infrastruktur, urbanisasi dan transportasi, pariwisata, rekreasi dan olahraga, dan integrasi Amerika Latin, solidaritas internasional, dan kedaulatan.

Lingkaran Bolivarian dapat memenuhi syarat didanai berdasarkan pedoman yang sama dan, dari sumber yang sama, juga berlaku bagi kelompok terorganisir lainnya seperti yang terdaftar dalam Fides, UU Khusus Koperasi dan Hukum, semacam undang-undang mengenai sumber daya publik. Lingkaran Bolivarian mendapatkan dana tidak sebagai suatu entitas. Tidak ada koordinator nasional, maupun anggota staf tim koordinasi nasional, yang menerima gaji.

Lingkaran Bolivarian secara khusus diinstruksikan untuk mencari pendanaan melalui saluran lokal yang dibentuk oleh pemerintah dalam mendanai semua kelompok warga yang terorganisir. Kantor nasional Lingkaran Bolivarian menawarkan pengawasan, infrastruktur organisasi, dukungan logistik dan teknis, tetapi tidak memiliki sumber daya sendiri. Hal ini sejalan dengan keharusan bahwa Revolusi Bolivarian adalah rakyat. Mereka harus membangunnya sendiri.

Lingkaran Bolivarian Internasional

Anggota masyarakat internasional yang mengadopsi prinsip-prinsip dasar Revolusi dan bergabung dengan “el processo” dengan membawa prinsip-prinsip itu pulang bersama mereka. Lingkaran Bolivarian Internasional telah muncul dan menyebar dengan cepat. Ini termasuk Lingkaran Bolivarian di New York, Kanada, Paris, dan Chili. Menurut literatur Lingkaran Bolivarian, fungsi Lingkaran Internasional tidak hanya untuk melakukan tindakan solidaritas, tetapi juga bekerja untuk perbaikan dan pemberdayaan masyarakat mereka sendiri. Ini merupakan titik berangkat yang penting untuk keluar dari sikap menggurui yang biasa ditunjukkan oleh banyak gerakan solidaritas lainnya. Konsep ini menunjukkan penghargaan sejati dan percontohan proses Bolivarian.

Perkembangan terbaru dari Lingkaran Internasional adalah Lingkaran trans-regional. Lingkaran trans-regional ini terdiri dari anggota yang tersebar secara geografis yang biasanya dikelompokkan oleh beberapa sebutan yang sama. Misalnya RedYouth, adalah Lingkaran Bolivarian Cyber untuk pemuda yang anggotanya berkomunikasi dan bekerjasama dalam dunia maya menuju pembangunan sebuah komunitas Bolivarian global. Perempuan Global memiliki Lingkaran Bolivarian yang fokus pada isu-isu perempuan dan lain-lain. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan dan membangun hubungan antara Lingkaran berbahasa Spanyol dan komunitas berbahasa Inggris. Mereka bekerja sama dengan Lingkaran Internasional lainnya untuk tujuan tersebut serta dengan Lingkaran berbasis Venezuela. Sesuai dengan visi Lingkaran, mereka juga bekerja di dalam masyarakat mereka sendiri dan dengan organisasi lain untuk mempengaruhi perubahan di rumah sendiri.

Lingkaran Bolivarian, bahkan pada perayaan ulang tahunnya yang kedua

Fajar Gable & Ishak Gellis menulis: “Kongres Ideologis Lingkaran Bolivarian Pertama menuai sukses pada tanggal 17 Desember, 2001, menurut penyelenggara, organisasi sipil yang dikenal sebagai Lingkaran Bolivarian menjadi badan hukum yang diakui di Venezuela. Ulang tahun kedua mereka yang berlangsung dalam tema Kongres Ideologis Lingkaran Bolivarian Pertama disebut menandai puncak dari bulan konferensi regional di seluruh negeri. Kelompok kerja membahas isu-isu seperti: ketegangan antara budaya politik lama dan baru; basis ideologis dan hukum Lingkaran Bolivarian, peran dan misi Lingkaran Bolivarian; integrasi Amerika Latin dan Karibia; solidaritas internasional, struktur organisasi, kesatuan antara semua unsure sosial dan gerakan politik selaras dengan Proses Bolivarian, dan agenda Lingkaran Bolivarian untuk 2004.

Kongres diselenggarakan di Universitas Bolivarian Venezuela (UBV), salah satu universitas baru yang didedikasikan untuk membuat pendidikan tinggi dapat diakses oleh mereka yang biasanya dikecualikan dari hak tersebut. Kongres dibuka pada hari Senin dengan kunjungan dari Eksekutif Wakil Presiden Jose Vincente Rangel yang menyampaikan pidato berapi-api di depan kerumunan yang tumpah-ruah di hadapannya. Ia berbicara tentang pentingnya Revolusi berbasis masyarakat dan ketidakmungkinan kembali ke negara yang diperintah oleh sebuah kelas minoritas.

Koordinator Lingkaran Bolivarian Nasional, Rodrigo Chaves, mengatakan kepada koordinator nasional dan regional serta perwakilan-perwakilan dari Lingkaran Bolivarian dari setiap sudut negeri, bahwa kongres memandu kelahiran posisi yang seragam melalui proses yang panjang dan melelahkan yang menghasilkan beberapa dokumen dan deklarasi.

Dalam pidatonya, Presiden Hugo Chavez menarik perhatian hadirin, ia berbicara pada pendukug setianya dalam nada informal yang akrab selama sekitar satu jam, sementara tim hubungan masyarakat (Humas) bergerak di antara kerumunan mengumpulkan catatan pribadi untuk disampaikan kepada Presiden. Chavez Frias mengucapkan selamat kepada organisasi yang telah tumbuh 100 kali lipat sejak kudeta April, 2002. Chavez mendorong pembangun Lingkaran Bolivarian Internasional dan memberi penghormatan kepada pahlawan kemerdekaan Venezuela dan sang pembebas Simon Bolivar pada hari peringatan kematiannya.

Rodrigo Chaves menyatakan kesepakatan untuk mengadakan konferensi regional setiap tahun dan kongres nasional, dua kali setahun. Konferensi internasional juga dijadwalkan dalam beberapa bulan mendatang di Jerman dan Amerika Serikat. Dilihat dari reaksi yang muncul, konferensi itu sukses besar. Meskipun oposisi dan media perusahaan melakukan trik kotor berkampanye dengan memberi nama pada peserta kongres sebagai “dibayar dan milisi bersenjata pro-Chavez”, Lingkaran Bolivarian terus menunjukkan komitmen mereka untuk membantu perubahan arah menuju prinsip-prinsip demokrasi partisipatoris sebagaimana yang dinyatakan dalam UUD menjadi kenyataan.

Sumber foto: Venezuelaanalysis.com

* Tulisan lama Danial Indrakusuma

Blog adalah kolom yang berisi posisi-posisi individu pengurus, anggota maupun eksternal untuk bertukar-pikiran. 

Share this post

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.