F-SEDAR Belajar, berpolitik, sejahtera!
12 Januari 2021 / 0 Comments / Posisi

Berjuang Sampai Akhir

Jawaban atas Pernyataan AICE

Kami, selaku pihak pekerja PT. Alpen Food Industry, dengan ini menyampaikan tanggapan atas pernyataan pihak Aice yang diwakili oleh  Simon Audry Halomoan Siagian selaku Manager Legal PT Alpen Food Industry kepada awak media pada tanggal 29 September 2020, sebagai berikut:

1) Bahwa 3 (tiga) anjuran dari Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi terkait pemutusan hubungan kerja yang dimohonkan oleh pengusaha Alpen Food Industry (AICE) yang dimaksud tersebut diatas, masih dalam proses sengketa, karena diduga dihasilkan dari proses yang tidak sesuai prosedur (mal-administrasi), karena:

  • Belum pernah sekalipun terjadi bipartit maupun upaya bipartit tentang pemutusan hubungan kerja antara para pekerja dengan Alpen Food Industry (AICE) yang didiskualifikasikan mengundurkan diri sesuai Pasal 3 ayat (1) dan Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial;
  • Pihak Disnaker Kabupaten Bekasi yang meloloskan permohonan mediasi dan memberikan Anjuran yang memenangkan perusahaan, telah menunjukkan keberpihakannya kepada perusahaan sejak awal, di antaranya: mediator masih menerima pendapat hukum pengusaha dengan melewati batas waktu yang telah disepakati bersama, serta terang-terangan menunjukkan keberpihakan pada pengusaha, dalam bentuk mediator beberapa kali meminta buruh agar patuh saja pada perusahaan.
  • Alih-alih memproses permasalahan ketenagakerjaan yang terjadi di PT. Alpen Food Industry, Disnaker dengan cepat memproses permasalahan PHK untuk membantu menyingkirkan pekerja dari pekerjaannya tanpa mempertimbangkan bahwa perselisihan ketenagakerjaan ini berpangkal dari tindakan perusahaan yang selama ini melakukan eksploitasi secara berlebihan terhadap para pekerja, permasalahan kondisi kerja yang buruh dan tidak adil (seperti kebocoran amoniak, 20an kasus keguguran, penurunan upah, dan sebagainya).

2) Kami dari serikat pekerja menolak dengan keras seluruh isi anjuran dan sudah melaporkan ke Ombusman DKI Raya untuk dilakukan pemeriksaan mengenai maladministrasi.

3) Bahwa belum ada ada perjanjian bersama dalam penyelesaian PHK tersebut secara kolektif. Perusahaan mengklaim perjanjian bersama dengan sejumlah pekerja secara personal sebagai wujud dari selesainya persoalan ini. Padahal ada berbagai kasus yang terjadi di PT. Alpen Food Industry, sejumlah pekerja yang menerima penyelesaian tidak merepresentasikan keseluruhan pekerja yang berjumlah ratusan dan kami tidak menghalang-halangi pekerja yang ingin menyelesaikan masalah ini dengan menerima uang pengusaha.

Dengan ini juga kami menegaskan posisi kami untuk tidak akan berhenti menyuarakan permasalahan ini sampai kapanpun, sampai kami mendapatkan keadilan dan kondisi kerja layak, dan menolak untuk dikenai PHK!

Jika melalui jalan litigasi kami tidak mendapatkan keadilan, maka kami akan melakukan upaya-upaya non litigasi, termasuk menyampaikan pendapat di muka umum.

Hormat kami

Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI)
Federasi Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (F-SEDAR)
Fajar Junianto
Indra Permana
Sarinah
Damiri
Saiful Anam

Kontak +62 877-8801-2740


Share:
Tagged:

Pernyataan Sikap: Mitsubishi Harus Tanggung Jawab Atas Pelanggaran UU Ketenagakerjaan di Perusahaan Pemasoknya

Kami dari Komite Solidaritas Perjuangan Buruh (KSPB) BEKASI menyampaikan kepada masyarakat umum bahwa pada hari ini, Senin, 13 Mei 2019 kami kembali turun ke jalan…

Read More

Lawan Penjajahan Modal Jepang, Selamatkan Buruh Indonesia

Buruh Indonesia kembali mengalami perampasan hak yang dilakukan oleh perusahaan pemasok tier 2 Toyota, PT Nanbu Plastics Indonesia. Perusahaan asal Jepang ini menolak mengangkat empat…

Read More

17 Tahun Toyota Filipina Terlantarkan 237 Buruh, Pernyataan Solidaritas untuk Buruh Toyota Filipina

Toyota Motors Philippines Corporation (TMPC) berdiri sejak Agustus 1988 di Bicutan, Paranaque City. TMPC membuka pabrik baru di Santa Rosa City, Provinsi Laguna pada November…

Read More
About the author

Fajarm46:

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.