Kaitan Keberhasilan Perjuangan dengan Organisasinya

Kaitan Keberhasilan Perjuangan dengan Organisasinya

Organisasi perjuangan kaum buruh tidak lah boleh pasif, perannya bukan sekadar “mendidik” kaum buruh. Walaupun sebagian besar kerja-kerja organisasi perjuangan kaum buruh adalah menyebarluaskan propaganda, namun organisasi perjuangan kaum buruh pun harus bergelut-campur tangan dalam perjuangan kaum buruh. Organisasi perjuangan kaum buruh harus sadar sesadar-sadarnya untuk mengalahkan gagasan-gagasan yang akan menyelewengkan kaum buruh dari tujuan sejatinya yang revolusioner. Kaum buruh harus membangun organisasi yang mampu mengorganisasikan buruh-buruh yang paling maju sehingga mereka sanggup menciptakan peristiwa-peristiwa, memaksimalkan kemungkinan-kemungkinan kemenangan kaum buruh.

Bagaimana organisasi perjuangan kaum buruh mendapatkan keakhlian untuk memberikan respon (tanggapan) yang benar, menanggapi secara benar, terlibat, campur tangan, dan mempengaruhi peristiwa-peristiwa tersebut? Tentu saja dengan mengambil pelajaran dari pengalaman-pengalamannya. Yang membutuhkan pengembangan kader-kadernya yang sanggup bersabar diri, paham kapan perjuangan massa memungkinkan dan apa sebabnya, tanpa mengambil kesimpulan bahwa kaum buruh tak akan pernah berjuang lagi. Kader-kader organisasi perjuangan kaum buruh harus bisa merespon (menanggapi) ledakan (perlawanan) spontan dan mendorongnya ke tahap perjuangan yang lebih tinggi. Mereka harus mampu mundur secara teratur saat kaum buruh mengalami kekalahan, namun juga paham bagaimana mereka harus membangun kemenangan, dan hal itu, terlebih-lebih, merupakan keharusan bagi kaum buruh yang paling militan (siap berjuang). Organisasi perjuangan kaum buruh harus paham betul kapan selayaknya bersiteguh pada pendirian, dan kapan diizinkan melakukan kompromi terhadap musuh-musuh dan saingan-saingannya, tentu saja dengan tidak melanggar prinsip azasnya. Selanjutnya, organisasi perjuangan kaum buruh harus bersiap berderap ke tahap perjuangan yang lebih tinggi. Hal tersebut membutuhkan keteguhan-keyakinan, kemampuan memanfaatkan kreatifitas massa dan memberinya (memasukkan) makna isian politik. Guna memahami dan memudahkan wacana yang rumit tersebut, organisasi perjuangan kaum buruh membutuhkan sejenis kader yang mengakar di kalangan kaum buruh dan, dengan pengalamannya yang kaya, sanggup memberikan penilaian terhadap setiap situasi kongkrit yang menuntutnya; dan yang terpenting, mereka harus memiliki kewibawaan untuk memberikan inspirasi dalam mewujudkannya

Dan itu maknanya, organisasi perjuangan yang baik dan benar adalah yang dapat membangkitkan tantangan untuk berjuang (dalam tahap yang lebih tinggi), yang dibangun sebelum saatnya tiba. Kader yang maju tidak sesederhana dapat diciptakan dalam semalaman, juga bukan sekadar hasil belajar dari buku, walaupun belajar dan teori tentu saja sangat dibutuhkan. Kader yang maju harus terdidik dalam perjuangan yang sebenarnya. Organisasi perjuangan kaum buruh harus mampu dibekali (oleh kader-kadernya) dan membekali (kader-kadernya) strategi-taktik yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi.

Organisasi perjuangan kaum buruh tidak lah cukup memiliki (atau diisi oleh) berkah segelintir pimpinan yang sekadar mampu dalam pekerjaan intelektual tersebut. Tradisi kesetiaan, disiplin, dunia pemahaman yang kompak dan kebiasaan (kegembiraan) pada debat politik terbuka, merupakan jaminan agar organisasi perjuangan kaum buruh dapat lulus dari ujian-ujiannya. Bagaimana lagi menentukan massa organisasi perjuangan kaum buruh dapat dimobilisasi (dikerahkan) dan diarahkan ke dalam tugas-tugas pada saat-saat tertentu, tanpa terjerumus pada kebingungan dan kekacauan? Cara dan obatnya adalah: bahwa demokrasi internal (di dalam organisasi perjuangan kaum buruh) tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang mewah. Karena setiap situasi harus ditanggapi dengan landasan analisa terhadap perkembangan sosial, ekonomi dan politik.

Dan karena kebenaran itu kongkrit.

Blog adalah kolom yang berisi posisi-posisi individu pengurus, anggota maupun eksternal untuk bertukar-pikiran. 

Share this post

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.