F-SEDAR Belajar, berpolitik, sejahtera!
28 Desember 2019 / 0 Comments / Blog

Buruh Hamil Harus Dapat Perlindungan

Buruh hamil mengalami kerentanan karena kondisi fisik mereka tidak memungkinkan untuk bekerja berat. Kondisi ini dirasakan oleh pekerja perempuan di PT Alpen Food Industry yang belum memberikan perlakuan khusus yang layak dan masih memberlakukan kerja malam bagi pekerja hamil.

Pabrik yang berlokasi di Kawasan MM2100 ini masih mempekerjakan buruh perempuan hamil sebagaimana pekerja yang lain. Serikat pekerja menerima berbagai keluhan mengenai kondisi kerja yang tidak sesuai dengan kondisi fisik perempuan yang sedang hamil.

Selain masih kena shift malam, buruh juga masih dituntut dengan target. Serikat pekerja mencatat 10 kasus keguguran, dari meninggal dalam kandungan maupun meninggal saat dilahirkan.

Buruh berharap agar pabrik yang memproduksi es krim AICE ini memiliki kebijakan yang lebih baik dan khusus untuk melindungi buruh hamil yang rentan. Karena UU Ketenagakerjaan No. 13/2003 maupun Perda Ketenagakerjaan Kab. Bekasi No. 4/2016 sudah ada perlindungan untuk pekerja hamil.

Contohnya Pasal 54 ayat (1) Perda Ketenagakerjaan menyebutkan: “Pengusaha dilarang mempekerjakan Pekerja/Buruh perempuan pada malam hari sejak dinyatakan hamil sampai dengan melahirkan dan dimasa menyusui sampai bayi berusia 24 (dua puluh empat) bulan.” Di ayat (5) disebutkan pula bahwa sanksi bagi pelanggaran terhadap ayat (1) dikenakan sanksi pidana.

Blog adalah kolom yang berisi posisi-posisi individu pengurus, anggota maupun eksternal untuk bertukar-pikiran. 


Share:

Pandemi dan Peringatan untuk Kapitalisme Global

Amir: ” Hari ini berapa yang mati?” Nyoto: “400 orang, Mas.” Percakapan seperti Amir dan Nyoto ini mungkin cukup lumrah kita dengar dalam waktu beberapa…

Read More

Makna Menjadi Anggota Serikat Pekerja Buat Saya

Saya akan menceritakan pengalaman pertama saya masuk ke dunia serikat pekerja. Pertama, perkenalkan nama saya Cecep, asal dari Tasikmalaya, pendidikan terakhir saya SMA. Sebelum saya…

Read More

Rahasia di Balik Upah Layak

Upah layak adalah tuntutan dan semboyan perjuangan buruh yang kerap disuarakan. Di Indonesia kelayakan upah bersumber dari perhitungan atas kebutuhan hidup layak (KHL) yang berjumlah…

Read More
About the author

Yanti27:

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *