F-SEDAR Belajar, berpolitik, sejahtera!
10 Agustus 2020 / 0 Comments / Posisi

Dukung Aksi Buruh AICE Menginap di Kemnaker

Suasana buruh AICE menginap di Kemnaker, 10 Agustus 2020

Seruan Solidaritas,

Hari ini telah hampir tujuh bulan tidak ada kejelasan atas pengaduan pekerja es krim AICE mengenai kondisi kerja dan pengupahan di PT. Alpen Food Industry, termasuk kondisi kerja buruh hamil yang dipekerjakan pada malam hari dan lebih dari 20 kasus keguguran maupun kematian bayi buruh saat dilahirkan.

Dalam audiensi terakhir dengan Kemnaker pada 20 Juli 2020, pihak Kemnaker malah meminta agar buruh ke pengadilan hubungan industrial. Padahal, ada mekanisme pengawasan yang seharusnya ditegakkan oleh pemerintah, bukan melihat kasus buruh AICE sebagai perselisihan belaka. Yang lebih menyakitkan lagi adalah bahwa telah ada sejumlah temuan pelanggaran, namun tidak dibuka ke publik karena nota pengawas diperlakukan sebagai dokumen rahasia dan pelanggaran pengusaha ditolerir atas nama pembinaan.

Situasi ini semakin diperparah dengan desakan pemerintah untuk mengesahkan Omnibus Law yang isinya akan melegalkan sebagian besar pelanggaran yang dipersoalkan oleh buruh AICE, seperti permasalahan kontrak kerja, upah, cuti haid dan buruh outsourcing. Dari kondisi ini, kita bisa menduga akan dibawa ke mana regulasi/aturan ketenagakerjaan di Indonesia, yang menjadi semakin fleksibel dan murah bagi pengusaha.

Padahal, hambatan terbesar investasi di Indonesia adalah korupsi dan birokrasi, namun pemerintah justru mengkebiri hak-hak buruh, bukannya meningkatkan pengawasan terhadap para pejabat dan birokrat. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) malah semakin dikebiri, terakhir para pegawai KPK dijadikan sebagai ASN, bukan lagi pegawai yang bersifat independen.

Oleh karena itu, kami menyatakan mosi tidak percaya kepada pemerintahan Jokowi, termasuk Kementerian Tenaga Kerja, yang selama 15 tahun terakhir dipimpin oleh kader dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tidak ada cara lain selain kita juga harus terus-menerus menggunakan aksi-aksi di jalan untuk menuntut hak-hak kita. Hari ini, aksi buruh AICE yang menginap di Kemnaker yang menuntut perbaikan kondisi kerja dan upah, pembatalan pemutusan hubungan kerja (PHK) serta penolakan terhadap Omnibus Law, harus kita dukung dan kita berikan solidaritas.

Kawan-kawan anggota FSEDAR maupun pihak-pihak lain dapat membantu dengan menjadi bagian dari massa aksi, menyuplai logistik yang dibutuhkan, memberikan dukungan moril, dan sebagainya.

Hubungi: +62 877-8801-2740 (hanya WhatsApp)

Baca juga pernyataan sikap di Tak Becus Tangani Kasus Buruh AICE, Menaker PKB Lebih Baik Mundur


Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan versi Hanif-Jokowi-Pengusaha, Wujudkan Revisi versi Buruh

Atas desakan pengusaha, Rezim Jokowi dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri merencanakan revisi terhadap UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan demi kepentingan mengundang lebih…

Read More

Pernyataan Sikap: Tetapkan 26 Buruh PT FMI Menjadi Karyawan Tetap dan Penuhi Hak-Haknya

Tolak Penjajahan Modal FamilyMart-Jepang; Tetapkan 26 Buruh PT FMI Menjadi Karyawan Tetap dan Penuhi Hak-Haknya Kasus ini berawal dari pelanggaran hak-hak normatif yang dilakukan oleh…

Read More

Siaran Pers: Buruh PT SENFU Menagih Tanggung Jawab Sosial Mitsubishi

Siaran Pers: Buruh PT SENFU Menagih Tanggung Jawab Sosial Mitsubishi Pada 23 November 2018, Head of PR PT Krama Yudha Tiga Berlian, Dony Hermawan, menyatakan…

Read More
About the author

F-SEDAR: Serikat buruh yang memperjuangkan kesejahteraan buruh, demokrasi dan hak asasi manusia dalam perjuangan ekonomis dan perjuangan politik. Belajar, bekerja, berpolitik, sejahtera!

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.