10 April 2018: KSPB Geruduk Kemnaker

10 April 2018: KSPB Geruduk Kemnaker

Undangan Peliputan Aksi di Kemnaker

Kepada Yth,
Rekan-rekan Jurnalis

Penanganan kasus-kasus yang kami adukan ke Kementerian Tenaga Kerja (KEMNAKER) berjalan lambah, bahkan sampai hari ini permohonan hearing kami belum juga ditanggapi. Padahal ada lebih dari 80 kasus PHK yang kami laporkan yang artinya memiskinkan lebih dari 200 orang buruh dan keluarganya. PHK-PHK ini dilakukan secara sepihak, manipulatif, melanggar UU, bahkan ada di antaranya diduga dilakukan dengan cara-cara licik seperti pemalsuan dokumen.

Pengusaha yang hampir semuanya adalah modal asing manufaktur yang terutama berasal dari Jepang, dibiarkan begitu saja dengan bebasnya menindas hak-hak dan martabat buruh Indonesia. Kemnaker seolah tutup mata atas ketidakbecusan kinerja pegawai instansi Ketenagakerjaan, seperti UPTD Pengawasan yang mengeluarkan hasil-hasil pengawasan khusus status kerja yang tidak memeriksa substansi pelanggaran pengusaha yakni sifat dan jenis pekerjaan.

Tidak heran apabila kami menamai situasi ini sebagai imperialisme dimana modal diizinkan masuk ke Indonesia atas nama investasi. Pemilik modal mendapatkan keuntungan dari tenaga kerja murah, sumber daya alam dan pasar yang luas, tapi di sisi lain, jangankan memberikan kesejahteraan kepada buruh dan rakyat, mematuhi hukum ketenagakerjaan saja pengusaha-pengusaha itu masih banyak yang tak mau. Di tengah situasi ini, tidak heran apabila semakin banyak rakyat, termasuk kelas buruh, yang menolak mengikuti Pemilu karena tidak mengubah nasib kelas pekerja.

Oleh karena itu, kami dari Komite Solidaritas Perjuangan Buruh (KSPB) akan kembali melakukan aksi di Kemnaker pada:

Hari, Tanggal: Rabu, 10 April 2019
Jam: 10.00 WIB (berangkat dengan arak-arakan motor dari Bekasi jam 8 pagi)
Lokasi: Kemnaker, Jl. Gatot Subroto Kav. 51, Jakarta Selatan.

Demikian pernyataan ini, atas perhatian dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih.

Komite Solidaritas Perjuangan Buruh
Humas: Sarinah, Damiri, Hidayatullah Kadi
Pusat informasi: 0877-8801-2740

Baca peliputan aksi di sini:

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.