4 Agustus 2019: Demo KSPB ke Toyota, Mitsubishi dan FamilyMart

4 Agustus 2019: Demo KSPB ke Toyota, Mitsubishi dan FamilyMart

Pada hari Minggu, 4 Agustus 2019, puluhan massa Komite Solidaritas Perjuangan Buruh (KSPB) kembali melakukan aksi ke pabrik perakitan Mitsubishi di Pulo Gadung dan gerai FamilyMart yang berlokasi di Pulo Gadung Trade Center (PTC), Jakarta Utara.

Massa menuntut pengusaha memberikan hak-hak buruh yang selama ini belum dipenuhi, yakni mengangkat buruh vendor Toyota, PT. Ichikoh Indonesia; buruh PT SENFU, vendor Mitsubishi dan buruh PT Fajar Mitra Indah (FMI) “FamilyMart” menjadi karyawan tetap di perusahaan sesuai dengan pernyataan sikap berikut:

  1. Pernyataan Sikap: BOIKOT FamilyMart!
  2. Hak Buruh PT SENFU Dilanggar, Mana Tanggung Jawab Sosial Mitsubishi?!!
  3. Pernyataan Sikap Mendukung Buruh Kontrak PT Ichikoh Indonesia Memperjuangkan Hak-Haknya atas Kepastian Kerja

Massa sempat dihadang oleh aparat kepolisian saat mendekati gedung PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors “Mitsubishi” di Cakung, Jakarta Utara. Alasannya jalanan tersebut diklaim sebagai jalan milik perusahaan sehingga buruh tidak berhak untuk melewatinya.

Aksi berlangsung tertib dan lancar dengan penyampaian orasi dan tuntutan massa. Aksi ini mau tidak mau dilakukan karena buruh yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) sudah berbulan-bulan tidak mendapatkan gaji.

Buruh juga telah melaporkan masalah ini ke otoritas ketenagakerjaan setempat, namun permasalahan yang dituntut oleh buruh belum mendapatkan pemenuhan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Share this post

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.